Kamis, 26 Februari 2009

Tawadu (Rendah Hati)

Tawadu adalah pangkal segala kemuliaan yang berharga dan derajat yang tinggi. Jika tawadu itu memiliki bahasa yang dapat dipahami makhluk, maka dia akan menjelaskan hakikat-hakikat dari hal-hal yang tersembunyi dari segala akibat suatu perkara. Tawadu itu sesuatu yang dilakukan karena ALLAH SWT dan di jalan ALLAH. Adapun selainnya berarti kesombongan.
Barangsiapa yang tawadu karena ALLAH, maka ALLAH akan memuliakannya di antara sebagian hamba-NYA. Salah seorang dari ulama ditanya tentang tawadu? Dia menjawab, " Tawadu itu tunduk dan patuh pada kebenaran, meskipun dia mendengarnya dari anak kecil.
Takabur dalam berbagai hal mencegah seseorang untuk mengambil manfaat dar ilmu, menerimanya dan mengikutinya. Ada beberapa ayat yang mencela orang-orang takabur. Ahli tawadu memeliki tanda-tanda khusus yang hanya dikenali oleh penghuni langit dari kalangan malaikat dan penghuni bumi seperti dari kalangan ahli makrifat.
Allah SWT berfirman, dan di atas A'raf itu ada orang-orang yang mengenal masing-masing dari tanda-tanda mereka (QS. Al A'raf: 46).
Tawadu adalah ladang kekhusyukan, ketundukan , rasa takut dan malu. Kesemuanya itu tidak akan tumbuh kecuali dari dan dalam tawadu. Kemuliaan dalam makna yang sempurna dan hakiki tidak akan diraih kecuali dengan tawadu di hadapan Dzat ALLAH SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar