Selasa, 24 Februari 2009

Fadhilah Menangis

Menangis dan meratap karena takut kepada ALLAH mengandung fadhilah yang besar. Seperti disebutkan dalam hadis di atas bahwa ALLAH akan membangun seribu gedung di surga untuk setiap tetesan air mata.
Syaikh ash-Shaduq ra meriwayatkan dengan sanadnya yang bersambung sampai ke Imam ash-Shadiq as dari para leluhurnya hingga Rosul Mulia saw. Dalam sebuah hadis beliau bersabda,
"Orang yang matanya menangis karena takut kepada Allah, dia akan dikarunia untuk setiap air matanya sebuah istana surga yang berhiaskan batu permata dan mutiara. Di dalamnya terdapat hal-hal yang belum pernah terlihat oleh mata, yang belum pernah terdengar oleh telinga, dan yang belum pernah terbayang oleh hati."
Rosulullah saw juga bersabda, " Segala sesuatu memiliki persamaannya kecuali (tiga hal): Allah Dzat tidak memiliki persamaan, (kalimat) "Tidak ada Tuhan kecuali Allah", dan tetesan air mata karena takut kepada Allah juga tidak memiliki tandingan, karena wajah yang dialiri air mata tidak akan pernah tertutup kehinaan.
Dalam 'Uyun al-akhbar diriwayatkan dari Hasan Ibn Ali al-'Askary yang mengambil dari para leluhurnya bahwa Imam Ja'far ash-Shadiq berkata,"Akibat berbagai dosa jarak antara seorang dan surga bisa lebih jauh dari jarak antara bumi dan 'Arsy, sampai ia menangis karena takut kepada ALLAH dan menyesali semua dosanya. Setelah itu, jadilah jarak antara dia dan surga lebih dekat dari jarak antara bulu mata dan mata.
Dalam al-Kafi diriwayatkan dari Imam Ash-Shadiq as bahwa, "Segala sesuatu memiliki bobot dan ukuran kecuali air mata, karena air mata cukup untuk memadamkan lautan api." Beliau bersabda," Jika ada satu umat yang menangis (karena takut kepada ALLAH), maka semua anggota umat itu akan menerima rahmat ALLAH." Banyak sekali hadis yang memuat tema seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar